Welcome
Penjelasan,-Fungsi-dan-Cara-Kerja-Otot-Lurik

Penjelasan, Fungsi dan Cara Kerja Otot Lurik

Striped Muscles – Halo sahabat ExampleSoal.co.id yang selalu setia. Materi kita kali ini masih tentang pembahasan ilmu biologi yaitu tentang otot lurik beserta pengertiannya, gambaran, bentuk dan cara kerjanya.

Tapi apakah kalian ingat materi pembahasan kita sebelumnya yang pernah dibahas oleh ExampleSoal.co.id tentang otot jantung? Kali ini mari lanjutkan materi pembahasan kita. Silakan lihat penjelasan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

 

Penjelasan,-Fungsi-dan-Cara-Kerja-Otot-Lurik

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://kabarkan.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Definisi otot bergaris

Otot ini disebut bergaris karena bergantian antara area gelap (aktin) dan terang (miosin). Otot ini disebut juga kerangka karena menempel pada kerangka dan juga merupakan otot sadar karena bekerja di bawah kesadaran (sukarela).

Karakteristik otot lurik

Di bawah ini adalah beberapa ciri otot belang manusia sehingga Anda bisa membedakan antara belang, polos, dan otot jantung.

Otot lurik memiliki jumlah inti sel yang sangat banyak
Posisi inti berada di tepi sel
Sistem kerja yang terjadi pada otot lurik secara sadar dilakukan atas perintah saraf otak yang dikendalikan oleh manusia.
Respon motorik dari otot lurik ini cukup cepat
Otot lurik ini bisa bergerak sangat cepat dan tidak mudah lelah
Posisi otot lurik itu sendiri berada di dalam bingkai

Fungsi otot lurik

Fungsi otot belang adalah untuk menggerakkan kerangka tubuh manusia atau hewan agar bisa bergerak sesuka hati dan membantu melaksanakan segala aktivitas.
Bagaimana otot bergaris bekerja

Posisi otot ini terdapat di seluruh tubuh manusia dan dapat bekerja dengan kontraksi dan relaksasi saat melakukan gerakan yang membutuhkan kekuatan dan juga bekerja lebih keras, mis. B. Menaiki tangga dan berjalan.

Sedangkan otot belang mencapai relaksasi segera setelah melakukan tugas berat dengan cara melenturkan bagian tubuh, seperti yang biasa dilakukan pada manusia.

Semua fungsi gerak yang dilakukan oleh otot lurik ini dikendalikan oleh bagian otak manusia yang bertugas mengatur pusat saraf dengan mengolah perintah manusia seperti berjalan, berlari, atau bergerak.

Bentuk ototnya bergaris

Otot lurik atau yang biasa disebut dengan otot rangka adalah otot yang terdapat pada bagian rangka tubuh manusia yang memiliki daging dan merupakan otot rangka.

Otot lurik sendiri biasa disebut dengan otot lurik karena memperlihatkan pola serat yang saling bersilangan atau garis yang saling berhubungan.

Ada kira-kira ribuan serat otot dan serat ini juga diatur dalam bentuk bundel paralel dan terikat selamanya oleh jaringan ikat yang melaluinya pembuluh darah dan saraf bekerja.

Diameter otot lurik kira-kira 50 mikrometer dan panjangnya kira-kira 2,5 cm. Kontraksi otot belang itu sendiri sangat cepat, kuat, dan disengaja karena dikendalikan oleh saraf otak.

Serabut di otot lurik ditutupi oleh endomisium, dan bundel serat ini ditutupi oleh fasia propia atau perimisium.

Sedangkan otot atau daging buahnya ditutupi oleh membran fasia superfisial atau epimisium. Endomisium, epimisium, dan perimisium bergabung bersama untuk membentuk tendon atau tendon, yang bertanggung jawab untuk menempelkan otot ke tulang.

Nah, itulah pembahasan materi ExampleSoal.co.id kali ini mengenai otot lurik. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat dan menjadi rujukan bagi anda semua.

 

 

Lihat Juga : contoh surat tanda terima barang