Welcome
Distilasi-Pengertian-Jenis-Tujuan-Prinsip-dan-Contoh

Distilasi: Pengertian, Jenis, Tujuan, Prinsip dan Contoh

Definisi distilasi
Buka baca cepat

Distilasi adalah metode di mana bahan kimia dibagi menurut perbedaan volatilitas bahan yang diuapkan. Dalam desalinasi, larutan partikel direbus sedemikian rupa sehingga menguap dan uap kemudian dikembalikan ke keadaan cairnya. Partikel dengan titik didih lebih rendah menguap terlebih dahulu.
Jenis distilasi

Distilasi-Pengertian-Jenis-Tujuan-Prinsip-dan-Contoh

Ada beberapa jenis destilasi yaitu sebagai berikut:

Distilasi sederhana

Distilasi Distilasi sederhana biasanya dilakukan dengan cara menaikkan temperatur, tekanan steam berada diluar tekanan atmosfir atau bisa juga dengan titik didih standar.

Dalam distilasi sederhana, dasar pelepasannya adalah perbedaan titik didih yang besar atau salah satu zat dalam bentuk yang mudah menguap. Saat larutan dipanaskan, zat dengan titik didih lebih rendah menguap lebih dulu.

Selain perbedaan titik didih, perbedaan volatilitas adalah keinginan suatu zat menjadi gas. Distilasi dilakukan pada tekanan atmosfer. Distilasi digunakan untuk membagi mangkuk berisi air dan alkohol.

Distilasi Azetrope

Distilasi azetrope adalah jenis distilasi di mana partikel cair diuapkan tanpa mengubah strukturnya.

Distilasi vakum

Distilasi vakum umumnya digunakan bila larutan yang akan didistilasi tidak normal dalam arti dapat terurai sebelum dan mendekati titik didihnya, atau bila larutan memiliki titik didih sekitar 150 ° C.
Baca lebih lanjut: Radiasi Benda Hitam

Metode ini tidak dapat diterapkan pada campuran dengan titik didih kecil jika kondensor menggunakan air dingin, karena struktur penguapan tidak dapat terkondensasi oleh air. Pompa vakum digunakan untuk mengurangi tekanan, yang berfungsi sebagai pengecil tekanan dalam sistem distilasi.

Distilasi uap

Distilasi uap digunakan pada layar sintetis dengan titik didih sekitar 200 ° C atau lebih. Distilasi ini dapat menguapkan senyawa dengan suhu mendekati 100 ° C di bawah tekanan atmosfer dengan uap atau air mendidih.

Distilasi multi-tahap

Fungsi distilasi bertingkat adalah untuk membagi struktur cairan, dua atau lebih campuran, sesuai dengan perbedaan titik didihnya. Distilasi juga dapat digunakan untuk larutan dengan perbedaan titik didih sekitar 20 ° C dan bekerja pada tekanan atmosfir atau pada tekanan rendah.
Tujuan distilasi

Tujuan distilasi adalah untuk memurnikan partikel cair pada titik didihnya dan memisahkan larutan dari partikel padat. Uap yang dilepaskan dari larutan berbentuk uap bebas. Biji yang jatuh berupa sulingan, dan bagian cairan yang tidak menguap merupakan residu. Ketika bagian larutan yang belum menguap dibutuhkan, proses tersebut dinamakan pembekuan dengan penguapan.
Prinsip kerja distilasi

Prinsip kerja distilasi adalah jika suatu partikel dalam campuran tidak menguap bersama-sama, uap campuran akan memiliki struktur biosidal dengan campuran aslinya. Jika salah satu partikel menguap, pembagi menjadi sempurna. Namun, ketika dua partikel menguap, pemisahan hanya terjadi sebagian, tetapi distilat adalah struktur yang lebih kaya dari campuran aslinya.
Contoh distilasi

Mengolah minyak mentah menjadi bensin, pelumas, bahan bakar penerbangan, dan aspal dengan memanaskan minyak mentah.

Begini cara kerjanya: Proses destilasi dimulai dengan pemanasan sehingga zat dengan titik didih lebih rendah menguap. Uap bergerak ke kondensor yang lebih dingin. Proses pendinginan terjadi karena kita membiarkan air mengalir ke dinding (di luar kondensor) sehingga uap yang dihasilkan menjadi cair kembali. Proses ini berlanjut dan akhirnya kami dapat memisahkan semua koneksi dalam campuran homogen.
Baca lebih lanjut: Performa adalah

Ekstraksi bensin dari campuran air dan bensin, ekstraksi air murni dari campuran air yang terkontaminasi dengan padatan terlarut di dalamnya, ekstraksi air dari campuran air dan garam, pemisahan alkohol dari air.

 

 

 

LIHAT JUGA :

 

http://mynameaan.berita.usm.ac.id/7-aplikasi-membuat-video-bokeh-di-android.html
http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2021/03/wa-web/
https://perpustakaan.unibabwi.ac.id/wa-web/
http://blog.dinamika.ac.id/arya/2021/03/28/wa-web/
http://blog.unnes.ac.id/agungrifzqi/wa-web/
https://bpm.uai.ac.id/whatsapp-web/
http://blog.fk.unsoed.ac.id/2021/03/30/wa-web/
http://auliaarifantyputri.blogs.uny.ac.id/whatsapp-web/
https://bpm.uai.ac.id/video-bokeh-museum/
https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/9lyL/download-link-video-bokeh-full-hd-no-sensor-guaranteed-satisfied
https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/4jAj/risks-of-use-gbwhatsapp
https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/vqZZ/alight-motion-video-and-animation-editor
https://gumroad.com/gurupendidikan/p/video-bokeh-museum
https://pitchengine.com/danuaji/9999/12/31/no-headline/002517850375311432649
https://www.emailmeform.com/builder/form/46ea7dYew5
https://pitchengine.com/danuaji/9999/12/31/no-headline/002517850323516056314
https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/YZ1l/whatsapp-web
https://danu-aji-s-school.teachable.com/blog/230113/whatsapp-web
http://bp2sdm.menlhk.go.id/bdlhkkupang/index.php/2021/04/01/aplikasi-video-bokeh-blur-terbaru-2021-keren/