Welcome
Cara-Merawat-Burung-Cililin-Agar-Rajin-Bunyi

Cara Merawat Burung Cililin Agar Rajin Bunyi

Siapa yang tidak kenal burung cililin? Burung cililin merupakan jenis burung yang banyak digunakan sebagai burung master oleh banyak kicaumania Indonesia.

Suara yang jelas seperti suara tembakan, suara kristal dan jeritan tajam menarik kicau mania melayani sebagai burung master dan juga dirawat.

 

Cara-Merawat-Burung-Cililin-Agar-Rajin-Bunyi

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://hargaburung.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Namun, burung tersebut memiliki ciri yang berbeda. Sehingga dalam pemeliharaannya burung perlu beradaptasi.
Termasuk perawatan burung cilillin yang akan kita bahas kali ini.

Sebelum membahas cara perawatan burung cililin ada baiknya mengetahui terlebih dahulu karakter dari burung cililin itu sendiri.

Jika kita memperlakukannya dengan cara yang tidak sesuai dengan karakteristiknya, kita tidak akan mendapatkan hasil maksimal yang kita inginkan.

Ciri-ciri burung cililin

Meski burung cililin memiliki kemampuan bernyanyi yang luar biasa, ia juga memiliki banyak kekurangan.

Yang mendefinisikan salah satu karakternya adalah burung itu mudah stres, tidak terlalu suka berada di bawah sinar matahari terlalu lama, apalagi terik matahari.

Walaupun burung ini sering dijadikan suara utama burung lain, namun jika ingin berkicau burung ini harus terlebih dahulu tertarik dengan suara burung lain.

Dan tentunya hal ini dapat mengganggu proses penyisipan.

Untuk karakter suara burung cililin dapat dibedakan dari jenisnya yang bermacam-macam karena ada dua jenis burung cililin. Seperti burung cabai yang berwarna hitam kecokelatan.

Saat berkicau, burung kicau yang berwarna coklat dapat membuat kicauan yang dikenal dengan long growl dan crystal sound.

Sedangkan burung cililin yang berwarna hitam memiliki karakter suara lantang dan pendek berbonggol.

Habitat burung cililin

Burung Cililin memiliki dua jenis yang dapat dikenali dari warna bulunya; B. Hitam dan Coklat. Dan setiap warna burung cililin memiliki asal yang berbeda.

Burung Cililin dengan bulu coklat berasal dari Sumbawa, Kalimantan, dan Sumatera. Burung cililin dengan bulu hitamnya berasal dari Jawa.

Cara merawat burung cililin harus pekerja keras

Jika anda memperhatikan penjelasan tentang burung cililin di atas dan anda sudah mengetahui jenis burung Chile, habitatnya dan juga ciri-cirinya, maka jenis burung cililin apa yang anda pelihara agar burung tersebut bisa melakukan yang terbaik, berikut tips caranya untuk merawatnya.

Benih burung cililin

Burung ketumbar termasuk burung yang cukup aktif, sehingga kebutuhan nutrisinya harus terpenuhi setiap hari, dimulai dari kebutuhan protein, serat kasar, lemak, vitamin, dan mineral.

Secara khusus, asupan protein yang tidak boleh kurang untuk membuat burung cililin rajin, tentunya harus tetap dalam batas tertentu (18-20%).

Jika makanan yang diberikan terlalu tinggi proteinnya, burung akan menjadi terlalu bernafsu dan kemungkinan burung berkicau dan menjadi kurang nakal serta sering berdiri di dalam sangkar akan berkurang.

Untuk asupan pakannya sendiri bisa diberikan 5 sampai 8 ekor burung setiap hari, 1 pakan kroto cepuk setelah burung dimandikan di pagi hari, serta pakan dari voer yang disediakan di dalam kandang.

Memandikan dan mengeringkan burung cililin

Pagi hari sekitar pukul 06.20, burung ketumbar dimandikan, setelah itu diberi pakan 1 cepuk kroto lalu dijemur unggas selama 30 menit agar burung mendapat provitamin D dari sinar matahari.

Namun, yang terbaik adalah mengeringkan cabai di awal matahari terbit antara pukul 06.30 dan 07.30 karena matahari tidak terlalu terik. Karena anda ingat burung Chile tidak suka tinggal lama di tempat yang panas, apalagi saat matahari terlalu terik.

Setelah burung dikeringkan di bawah sinar matahari, burung cililin disimpan di tempat yang sejuk dan diberi makan 5 sampai 8 ekor jangkrik.

Dengan pemberian pakan yang berkualitas dan perawatan rutin, burung-burung tersebut aktif bergerak dan rajin berkicau.

Harga dari Burung Cililin

Untuk mengetahui harganya, silahkan lihat artikel kami tentang harga burung cililin.

Bagaimana harganya terjangkau dan perawatannya mudah, bukan? Apakah Anda lebih tertarik memelihara burung cabai?

Lihat Juga: Makanan Burung Murai