Welcome
Cara-Cepat-Rumus-Penjumlahan-Excel-Otomatis

Cara Cepat Rumus Penjumlahan Excel Otomatis

Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang disertakan dalam paket Microsoft Office.

Perangkat lunak ini menawarkan berbagai macam rumus, dari rumus matematika sederhana hingga lanjutan, untuk mempermudah pengguna.

Cara-Cepat-Rumus-Penjumlahan-Excel-Otomatis

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.blogpress.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Cara Cepat Rumus Penjumlahan Excel Otomatis

Salah satu rumus yang paling umum digunakan adalah rumus penjumlahan Excel, yang tersedia di sejumlah fungsi operasional.

 

Lengkapi dengan Operator Plus

Salah satu cara termudah untuk melakukan operasi penghitungan penjumlahan di perangkat lunak Microsoft Excel adalah dengan memasukkan operator plus (+) atau operasi penjumlahan.

Tanda plus ini ditemukan di laptop atau keyboard komputer Anda. Cara kita menulis operasi penjumlahan tidak berbeda dengan cara kita menulis operasi penjumlahan pada umumnya.

Berikut adalah rumus penjumlahan di Microsoft Excel dengan simbol “+”:

= 273 + 312

Saat Anda menekan Enter pada keyboard, Microsoft Excel segera menampilkan hasil 585.

Saat melakukan penghitungan di Excel, jangan lupa untuk menuliskan tanda “=” (sama dengan) di awal proses. Tanpa tanda “=”, Microsoft Excel tidak akan memproses rumus untuk penghitungan.

Rumus penjumlahan yang melibatkan operator + diklasifikasikan sebagai manual, tetapi yang paling sederhana. Contoh penggunaan operator + untuk menambahkan data dalam rentang sel Excel dari H2 hingga H9 adalah sebagai berikut:

= H2 + H3 + H4 + H5 + H6 + H7 + H8 + H9

 

Jumlahkan dengan fungsi SUM

 

Cara kedua untuk menambahkan data di Excel adalah dengan menggunakan fungsi SUM. Fungsi SUM ini sudah tersedia di Excel sehingga yang perlu Anda lakukan hanyalah menulis rumusnya.

Dibandingkan dengan menggunakan operator plus atau add (+), SUM lebih sering digunakan karena menambahkan data dalam jumlah besar dan berurutan lebih efisien.

Misalnya, dalam contoh penghitungan total data dalam rentang sel Excel dari A2 hingga A9, kita perlu menerapkan tanda operator (+) ke setiap sel Excel.

Dengan fungsi SUM, Anda cukup menulis rumus berikut:

= SUM (A2: A9)

Anda dapat secara manual menuliskan label untuk sel A2: A9 atau Anda cukup mengklik sel A2 dan menyeretnya ke sel A9 setelah menulis rumus = SUM.

Dengan rumus SUM, berapa pun jumlah datanya, Anda hanya perlu memasukkan sel awal dan sel akhir. Excel secara otomatis menambahkan semua data di sel satu per satu.

 

Rumus penjumlahan Excel lainnya

Dalam keadaan tertentu, terkadang fungsi SUM saja tidak cukup untuk menambahkan data di Excel.

Oleh karena itu, Microsoft Excel memiliki sejumlah fitur untuk menambahkan bantuan yang memenuhi kebutuhan Anda:

Pelajari juga:

Rumus dieja Excel
Rumus rata-rata Excel

SUMIF

Fungsi SUMIF digunakan saat Anda ingin menambahkan data yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya.
SUMIFS

Fungsi SUMIFS mirip dengan SUMIF, tetapi perbedaannya adalah digunakan untuk menambahkan data berdasarkan lebih dari satu kondisi atau kriteria.
SUBTOTAL

Fungsi SUBTOTAL menambahkan semua data yang terlihat sehingga garis tersembunyi tidak dihitung.
SUMPRODUCT

Fungsi SUMPRODUCT adalah kombinasi dari rumus penjumlahan dan perkalian. Tujuannya adalah untuk menjumlahkan data perkalian sesuai rumus yang diberikan.

Pelajari juga: Persentase Rumus Excel

Apapun rumus yang Anda gunakan, pastikan Anda memilih rumus yang benar sesuai kebutuhan. Jika Anda hanya perlu menghitung data dalam jumlah kecil, operator + adalah pilihan yang tepat.

Namun, dengan data dalam jumlah besar tentu lebih efektif jika Anda memilih fungsi SUM. Berbagai fungsi lainnya juga tersedia jika diperlukan. Pelajari juga rumus Excel lainnya.

 

  Lihat Juga : cara memperbaiki keyboard laptop