Welcome
pidato-puasa-ramadhan

Contoh Pidato Bahasa Inggris Puasa Ramadhan

1 Contoh pidato bahasa inggris tentang puasa di bulan ramadhan

pidato-puasa-ramadhan

Sekolah Bahasa Inggris – Momen keagamaan seperti puasa merupakan bagian tahunan dari kehidupan kita di Indonesia. Nah, momen ini biasanya sering digunakan untuk berbagai acara. Bagi kami, pidato juga merupakan tambahan resmi dan tidak resmi untuk sebuah acara. Penasaran dengan contoh pidato bahasa Inggris tentang puasa di bulan Ramadhan? Mari kita lihat contoh berikut:

teks pidato bahasa inggris tentang puasa di bulan ramadhan

Assalamu’alaikum serta rahmat dan berkah Allah.

Yang terhormat Bapak Bambang Irfani, M.pd. Sebagai Dosen Pembicara 3 dan teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kami sehingga kami dapat menghadiri pertemuan ini tanpa hambatan di tempat dan waktu yang baik ini.

Kedua, Sholawat dan salam semoga selalu menyertai junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari kegelapan menuju pencerahan di dunia maupun di akhirat.

Ketiga, saya tidak akan pernah melupakan Bambang Irfani-san yang telah memberikan saya kesempatan untuk berpidato di depan kalian semua. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan pidato saya yang berjudul:

CEPAT

Puasa berarti tidak makan atau minum dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Bulan suci Ramadhan memiliki tempat khusus dalam Islam. Oleh karena itu, Nabi kita Muhammad SAW dan para muridnya menunjukkan kepedulian yang besar terhadap bulan yang mulia ini.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 183 Allah berfirman:

Artinya: untuk orang-orang yang beriman puasa wajib sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu

Puasa ditahbiskan oleh Allah SWT untuk umat Nabi Muhammad SAW dan dengan cara yang sama Dia telah menahbiskan bangsa-bangsa sebelum mereka. Menurut tradisi nabi, setiap pekerjaan baik yang dilakukan oleh keturunan Adam dihargai dengan margin antara sepuluh dan tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa.

Mengenai hal ini, Allah berfirman:

“Puasa itu untukku dan aku akan membalasnya sesuai dengan tingkat ketaqwaan dan kesalehan dalam puasa.”

Semua teman-temanku yang bahagia,,,

Nabi Muhammad SAW menghimbau umat Islam untuk berpuasa dengan serius dan menghindari tindakan atau pernyataan yang akan merusak atau membatalkan puasa mereka.

Nabi kita Muhammad SAW memberikan contoh dalam sabda tradisionalnya yang terkenal:

“Jika Anda tidak berpuasa, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa selain rasa haus dan lapar”.

Di bulan suci Ramadhan, setiap Muslim diminta tidak hanya untuk menahan diri dari makan, minum dan berhubungan seks, tetapi juga dari dosa yang dapat dilakukan melalui mata, telinga, bibir dan hati.

“Seandainya umatku mengetahui keutamaan Ramadhan, pasti berharap Ramadhan sepanjang tahun”.

Dan memang benar bahwa Ramadhan adalah bulan di mana pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan besar dirantai, semuanya dirantai untuk membantu umat Islam beribadah kepada Allah dengan penuh ketakwaan.

Demikian pula, dia mendesak para pengikutnya untuk memeriahkan malam-malam ini untuk mencari malam khusus yang disebut “Lailatul Qadr” ketika para malaikat, di bawah bimbingan Gabril, turun ke bumi dan berdoa memohon belas kasihan bagi orang-orang beriman.

Demikian pidato saya, mohon maaf jika ada kesalahan, terima kasih banyak atas perhatiannya.

Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber :