Welcome
Pengertian-Komet-&-Macam-Macam-atau-Jenis-Jenis-Komet

Pengertian Komet & Macam Macam atau Jenis Jenis Komet

Apa itu komet?

Komet adalah salah satu objek di langit. Objek ini sering juga disebut bintang ekor. Komet adalah bintang ekor yang bergerak bebas di angkasa. Terkadang komet ini bersirkulasi di sebelah planet Bumi sehingga dapat dilihat oleh manusia dalam jangka waktu tertentu. Istilah komet sendiri berasal dari bahasa Yunani “kometes” yang artinya rambut panjang. Orang Jawa menyebut komet itu “Latitude Cubeb” karena memiliki ekor seperti kapal uap. Komet sendiri juga mengorbit matahari, sama seperti bumi dengan orbit oval.

 

Pengertian-Komet-&-Macam-Macam-atau-Jenis-Jenis-Komet

Jenis atau tipe komet

Sistem klasifikasi komet dapat didasarkan pada bentuk dan panjang lintasannya serta jumlah kemunculannya. Silakan lihat laporan pengujian berikut untuk informasi lebih lanjut

A. Jenis komet berdasarkan bentuk dan panjang lintasan

1). Komet berekor panjang

Ia adalah komet dengan perjalanan yang sangat jauh melalui daerah yang sangat dingin di luar angkasa, yang memungkinkan untuk menyerap gas dari daerah yang dilaluinya. Saat komet mendekati matahari, ia melepaskan gas untuk membentuk koma dan ekor yang sangat panjang.

2). Komet berekor pendek

Ia adalah komet yang lintasannya sangat pendek, sehingga memiliki peluang lebih kecil untuk menyerap gas di daerah tersebut dalam perjalanannya. Ketika mendekati Matahari, komet tersebut melepaskan sangat sedikit gas, sehingga hanya membentuk koma dan ekor yang sangat pendek, hampir tidak berekor.

B. Jenis komet berdasarkan jumlah kemunculannya

1). Komet non-periodik

Ini adalah komet yang hanya muncul sekali. Dipercaya bahwa komet jenis ini memiliki orbit yang sangat panjang dan panjang. Contohnya adalah komet non-periodik, yaitu komet Arend-Roland, komet Brooks, komet Ikeya-Seki, dan komet Lulin serta komet Kohoutek.

2). Komet periodik

Ini adalah komet yang muncul beberapa kali jika dilihat dari Bumi. Komet periodik memiliki jarak orbit yang lebih pendek sehingga dapat kembali ke titik yang sama dalam waktu yang lebih singkat. Maka jangan heran jika komet periodik hanya terlihat setiap beberapa tahun sekali.

Sifat komet

Komet adalah benda langit yang mirip dengan asteroid. Jika diperhatikan dengan seksama, akan sangat mudah untuk membedakan antara komet dan asteroid. Namun, dari Bumi akan sangat sulit untuk membedakan komet mana itu. Karenanya kita perlu mengetahui sifat-sifat komet. Beberapa sifat komet adalah sebagai berikut.

1). Komet bukanlah bintang, artinya ia tidak dapat memancarkan cahaya dengan sendirinya.
2). Komet terbuat dari es dan debu, yaitu kumpulan debu dan gas yang membeku saat tidak berada di bawah sinar matahari. Saat mendekati matahari, beberapa konstituen komet menguap, membentuk kepala dan ekor gas.
3). Komet berputar mengelilingi matahari dan oleh karena itu termasuk dalam tata surya.
4). Komet adalah gas bercahaya dengan orbit berbeda.
5). Komet tampaknya memiliki ekor dengan ekor komet yang bisa mencapai jutaan kilometer.
6). Komet bisa terlihat saat masih jauh dari matahari. Bagian pertama adalah inti komet.
7). Komet adalah benda langit yang mirip dengan asteroid, tetapi hampir seluruhnya terdiri dari gas (karbon dioksida, metana, air) dan debu beku.
8). Komet sering disebut sebagai bintang ekor, padahal komet itu sendiri bukanlah bintang.
9). Komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips, elips, dan lebih panjang dari orbit planet. Beberapa komet menempuh jarak yang lebih jauh di luar angkasa daripada planet, dan beberapa komet membutuhkan waktu ribuan tahun untuk menyelesaikan orbit matahari.
10). Komet adalah benda angkasa seperti lapisan batuan yang tampak memiliki cahaya akibat gesekan atom-atom di udara.

Bagian dari komet

Bagian-bagian komet adalah sebagai berikut

1). Inti komet

Inti komet adalah bagian bumi yang paling terlihat saat komet masih jauh dari matahari. Inti ini juga merupakan bagian yang paling padat. Diameter inti komet bisa beberapa kilometer dan bervariasi dari komet ke komet. Inti komet ini dibentuk oleh penguapan es yang mudah menguap menjadi gas yang tampak bersinar.

2). koma

Bagian kedua dari komet adalah koma. Koma adalah area berkabut, atau area yang mirip dengan selubung, yang menutupi inti komet. Daerah ini padat karena terpapar uap dari inti komet yang mengepul di dekat matahari.

3). Lapisan hidrogen

Lapisan hidrogen adalah bagian dari komet. Lapisan hidrogen ini merupakan lapisan yang menutupi koma sehingga tidak terlihat oleh mata manusia. Awan di lapisan tersebut paling tebal, sehingga diameternya bisa mencapai 20 juta kilometer.

4). ekor

Ekor komet adalah bagian komet yang paling menakjubkan. Ekor komet adalah gas bercahaya yang terjadi saat komet lewat di dekat matahari. Ekor itu adalah bagian yang terbakar matahari. Dalam taktik membakar, bagian ini membentuk ekor dan bisa mencapai panjang puluhan kilometer.

Contoh komet

Komet Halley

Ini adalah komet yang muncul atau bisa dilihat di Bumi oleh mata manusia. Ini sekitar 76 kali setahun. Komet ini sangat terkenal dibandingkan dengan komet lainnya. Komet Halley sangat cerah dan memiliki ekor yang panjang sehingga dapat dilihat oleh mata manusia tanpa menggunakan teleskop.

Komet Hyakutake

Inilah komet dengan ekor yang sangat populer dibandingkan dengan komet lainnya, komet tersebut dinamakan Hayakute Disebabkna karena komet tersebut ditemukan oleh astronom Jepang Yuji Hyakute. Periode ini 15.000 tahun, tetapi karena pengaruh gaya gravitasi planet-planet utama di tata surya, periode ini mencapai 72.000 tahun. Diperlukan waktu sekitar 72.000 tahun untuk melihat komet Hayakute lagi.

Comet Encke

Komet berdurasi sekitar 3,3 tahun, komet memiliki ekor yang pendek. Dinamai menurut Comet Encke, berdasarkan orang yang menghitung orbitnya, Johann Franz Enncke, saat menemukan Pierre Mechain.

Komet Barat

Komet ini ditemukan pada tahun 1976 dan merupakan salah satu komet paling terang yang pernah melintasi tata surya bagian dalam.

Komet McNaught

Komet ini ditemukan oleh astronom H. Mcnol pada tanggal 7 Agustus 2006, jadi komet tersebut dinamai menurut penemunya. Komet Mcnol datang paling dekat dengan Matahari pada 12 Januari 2007 (deskripsi), komet paling terang dalam 40 tahun, dan dapat dilihat dengan mata tanpa bantuan teleskop.

Komet Hale-BOPP

Komet yang paling banyak diamati pada abad ke-20 ini merupakan salah satu komet paling terang dalam sejarah modern dan telah dilihat oleh mata manusia selama 18 bulan.

Berikut adalah contoh komet lain seperti:

  • Ikeya Seki (lahir 1965),
  • Kohoutek (1973),
  • Shoemoker Levy (lahir 1994),
  • De Kock-Paraskevopoulos (1941),
  • Mellish (1917) dll.

Baca Juga: