Welcome
Folder

Pengertian Folder, Fungsi, Cara Membuat, Mengelola

Pengertian Dan Fungsi Folder

Folder ialah suatu program pada komputer yang bermanfaat untuk menyimpan sekian banyak macam file di dalamnya. Fungsi utama dari folder merupakan untuk menyimpan file sekaligus mengelompokkannya menurut keterangan dari jenis file tersebut sendiri.

Folder

Misalnya anda memiliki tidak sedikit sekali file di dalam komputer, guna mempermudah dalam penelusuran file saya dan anda butuh mengelompokkannya kepada sejumlah bagian. Kita butuh membuat sejumlah wadah guna menyimpan file musik, dokumen dan foto.

Disanalah manfaat dari folder, kita dapat menyimpan file musik pada suatu folder yang sudah kita bikin yang diutamakan untuk menyimpan file musik, folder tersebut sudah kita berinama folder Musik. Dan begitulah dengan file-file jenis lainnya, ditabung dalam suatu folder masing-masing. Maka saat kita memerlukan file musik kita bermukim cari saja folder Musik di komputer kita.

Yang secara default, folder pada komputer yang bersistem operasi Windows dapat dipisahkan menurut keterangan dari iconya. Icon yang dipakai untuk suatu folder memakai simbol gambar berbentuk tas atau koper warna kuning. Nama beda dari folder merupakan directory, faedah dari directory tersebut sendiri sama dengan faedah dari pada folder. Biasanya pemakaian bahasa directory dipakai pada komputer berbasis DOS dan Linux.

Cara Membuat Folder Pada Windows

Adapun untuk teknik membuat Folder pada windows yaitu:

  • Hal yang kesatu dengan masuk ke Windows Explorer “atau tekan tombol Windows + W bersamaan”.
  • Pilih drive yang diharapkan misal drive C.
  • Arahkan pointer ke ruang kosong, lantas klik kanan, pilih New, lantas pilih Folder.
  • Di drive C kalian akan mengejar sebuah folder baru mempunyai nama “New Folder”, berinama folder baru itu untuk memudahkannya dalam penelusuran folder nanti saat dibutuhkan.

File ialah sebuah naskah yang sudah tersimpan dalam disk. Naskah itu dapat berupa dokumen ketikan, gambar, kelompok program dan lain-lain. Di dalam mengelola file saya dan anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan inilah ini :

  1. Mengganti nama file
  2. Menghapus file
  3. Menyalin (mengcopy) file
  4. Memindahkan (cut) file

Mengelola Folder

Folder ialah sebuah icon yang bentuknya laksana koper/tas dan warnanya kuning. Folder sama dengan directory dalam DOS, dimana kegunaannya sama sebagai lokasi untuk menyimpan dan mengorganisasikan file. Dengan folder, saya dan anda bisa mengelompokan file ke dalm satu katagori, sampai-sampai file akan teratur dengan apik dan gampang untuk mencarinya.

Di dalam mengelola Folder saya dan anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan inilah ini :

  • Membuat Folder pada Dekstop,
  • Harddisk atau Disket
  • Menghapus Folder
  • Menyalin (mengcopy) Folder
  • Memindahkan (cut) Folder

Tipe-Tipe Software

System Software

System Software pada dasarnya diciptakan untuk menolong komputer mengerjakan tugas-tugas dan fungsi-fungsi tertentu.

Satu tipe utama system software ialah sistem operasi (operating system-OS). Sebuah komputer membutuhkan sebuah Operating System guna dapat digunakan. Operating system bakal memberitahu komputer bagaimana teknik berinteraksi antara pemakai dan device-nya. System Software bisa djumpai pada Windows, Mac OS, OS/2 dan UNIX.

Application Software

Application software menolong komputer untuk menuntaskan tugas tertentu yang diharapkan oleh pemakai, seperti menciptakan dokumen atau mengedit gambar. Application aplikasi diantaranya ialah Word processing program, Spreadsheet software, database management, dan lain-lain.

Sumber: